Indek Kepuasan Masyarakat

Loa Kulu, 21 September 2024. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Puskesmas Loa Kulu, maka disusunlah sebuah indeks yang dikenal dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolak ukur untuk tingkat kualitas pelayanan. IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Adapun pelaksanaan survei dilakukan selama 4 pekan terhitung tanggal      02 September 2024 hingga 30 September 2024

Hasil survei kepuasan pelayanan di Puskesmas Loa Kulu didasarkan pada indikator-indikator yang ada di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang berjumlah 9 indikator.

Dimana unsur yang kinerjanya paling sesuai dengan harapan responden adalah unsur kompetensi pelaksana. Ini berarti bahwa Puskesmas Loa Kulu dianggap telah memberikan kinerja terbaik pada unsur ini sehingga unsur ini dianggap paling memenuhi harapan pasien.

Sedangkan unsur yang kinerjanya kurang sesuai dengan harapan responden adalah unsur waktu pelayanan dan sarana prasarana. Ini berarti bahwa Puskesmas Loa Kulu dianggap belum memberikan kinerja terbaik pada unsur ini sehingga unsur ini  dianggap kurang memenuhi harapan pasien.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari data primer yang diolah menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan di Puskesmas Loa Kulu mencapai 93,88 yang berarti bahwa nilai IKM berada pada tingkat “A” atau kategorik “Sangat Baik”. Kesimpulan mutu pelayanan A serta kinerja unit pelayanan Baik.

Berdasarkan kesimpulan yang telah disampaikan maka saran yang akan diberikan untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan yang ada di Puskesmas Loa Kulu adalah sebagai berikut : 1.Melakukan survei secara periodik dan berkesinambungan dengan membandingkan indeks kinerja unit pelayanan secara berkala sehingga dapat diketahui perubahan tingkat kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Loa Kulu2. Lebih meningkatkan kinerja pada unsur yang kinerjanya kurang sesuai dengan harapan responden dengan tingkat kesesuaian paling rendah, yaitu kecepatan pelayanan. 3. Terus meningkatkan kinerja agar terjadi peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas Loa Kulu secara berkesinambungan untuk menjadi lebih baik lagi dari yang sudah dilakukan selama ini. <emmi></day>



Komentar