Desa Sepakat dan Sumber Sari jadi Target Fogging

Loa Kulu, 11 Oktober 2024
Hasil pelaksanaan dan penilaian surveilans di lapangan dapatkan peningkatan kasus yang cukup signfikan pada dua desa dalam wilayah kerja Puskesmas Loa Kulu, dua desa tersebut adalah Desa Sepakat dan Desa Loa Kulu kota.
Upaya yang tercepat untuk memutus rantai penyebaran virus dengue melalui pembunuhan nyamuk dewasa secara masal dengan fogging fokus. Kegiatan fogging focus,yakni pengasapan dengan racun khusus berfokus pada lokasi terjadinya kasus demam berdarah dengan radius kurang lebih 100 meter.
Petugas fogging yang dikomandoi oleh surveilans Puskesmas Loa Kulu (ahyar*red) berjumlah 6 orang menyisir rumah - rumah panggung dan semi permanent yang diperkirakan menjadi penyebab terjadinya penyebaran penyakit demam berdarah dimana ditemukan jentik diantaranya pada penumpukan sampah pinggir jalan dan ditumpukan ban bekas lingkungan.
Hal- hal yang perlu diperhatikan saat dilaksanakan fogging adalah sebagai berikut :
1. warga tidak berada didalam rumah
2. Menutup makanan dan minuman serta penampungan air minum dengan baik
3. Mengeluarkan hewan piaraan 
4. Harus semua rumah dilakukan fogging secara merata dalam radius yang ditentukan petugas kesehatan
5. Mencuci semua peralatan masak yang terkena cairan fogging

Pelaksanaan fogging di Desa Sepakat RT 03 dilaksanakan pada Jum'at 11 Oktober, sedangkan di Desa Sumber sari RT 02 di jadwalkan pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2024. Jumlah rumah yang menjadi sasaran fooging kali ini sekitar 50 rumah yang berada di lokasi kasus kejadian.
Ahyar menambahkan bahwa akan dilaksanakan fogging kedua sekitar satu minggu berselang setelah pelaksanaan yang pertama untuk memastikan fogging berhasil dan tepat sasaran. Upaya yang paling sederhana untuk memutus rantai penularan DBD ialah dengan menjaga lingkungan tetap bersih khususnya terhindar dari peralatan yang bisa menyebabkan genangan air imbuhnya <ahyar/jday>




Komentar